Sunday, March 28, 2010

Peranan postur tulang

Posted by KESTABILAN DAN PERGERAKAN VOLUNTARI at 6:36 AM

8.0    Peranan postur tulang

Dalam proses mencapai sesuatu objek, kawalan keseimbangan badan adalah sangat penting kepada kanak- kanak. orang dewasa berperanan dalam membantu kanak- kanak menyeimbangkan badan mereka. Penyesuaian keseimbangan badan mereka telah bermula seawal usia 4 bulan iaitu melalui proses mencapai objek tetapi keseimbangan yang baik adalah ketika berusia 7 bulan.

8.1    Tulang belakang

Tulang Belakang adalah bagian tubuh kita yang sering kali kita abaikan. Padahal di tulang belakang inilah tersimpan dan terlindung dengan baik saraf-saraf yang sangat penting. Sudah Tepatkah Posisi Duduk Anda? Ramai orang berpendapat bahwa duduk kita yang terbaik adalah dalam posisi 90 darjah. Sebenarnya dalam posisi tersebut tulang belakang kita tidak berada dalam posisi yang ideal. Hal tersebut dapat dilihat dari gambar berikut. Effect negative dari penggunaan kerusi tradisional 90° antara lain adalah: Peredaran darah di bahagian bawah sangat lemah, memungkinkan terjadinya selulit, pembengkakan kaki, kelelahan, dan risiko penggumpalan darah di kaki.

Ketika kita duduk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan terjadinya ketegangan otot di bahagian pinggul. Untuk kanak-kanak, sejak meningkatnya penggunaan komputer di kelas, nampak hubungan antara keusi bersudut 90° dan berkembangnya Scoliosis – kurva abnormal dari tulang belakang. Posisi terbaik adalah 135 darjah . Posisi tersebut akan dapat dilihat seperti di gambar berikut. Dalam posisi ini tulang belakang akan berada dalam posisi ideal, tulang belakang bagian bawah akan berbentuk seperti huruf S. Kelebihan dari posisi ini adalah:

i)    Memperbaiki peredaran darah di bagian bawah tubuh, sehingga dapat menghindarkan terjadi varises, selulit dan penggumpalan darah di kaki, serta mengurangi keletihan di kaki.

ii)    Tubuh terasa lebih rileks sehingga mengurangi terjadinya ketegangan otot.

iii)    Mobiliti yang lebih baik, mudah bergerak di atas kerusi dan lebih mudah untuk naik turun kerusi. Jika anda ingin Tulang Belakang anda dan keadaan sehat dan selalu dalam posisi yang tepat, maka ubahlah posisi duduk anda dan keluarga, apalagi anak-anak anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

8.2    Susunan tulang belakang kita

Dalam tubuh manusia ada susunan tulang yang memanjang dari leher sampai ke selangka. Susunan tulang tersebut dinamakan Tulang Belakang. Tulang belakang terdiri dari susunan 33 ruas tulang yang masing-masing memiliki nama sendiri. Namun ke 33 ruas tulang tersebut dapat dibahagi menjadi 5 bahagian. Di dalam susunan tulang tersebut terangkai pula rangkaian saraf-saraf, yang bila terjadi kecederaan di tulang belakang maka akan mempengaruhi saraf saraf tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 

KESTABILAN DAN PERGERAKAN VOLUNTARI (A) Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez